Home » Pengembangan jaringan 5G diharapkan dapat menarik investor untuk berinvestasi di Indonesia

Pengembangan jaringan 5G diharapkan dapat menarik investor untuk berinvestasi di Indonesia

Pengembangan jaringan 5G diharapkan dapat menarik investor untuk berinvestasi di Indonesia

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk meyakini bahwa perkembangan teknologi jaringan 5G di Indonesia dapat menjadi daya tarik bagi investor.

VP Network Technology Strategy Telekomsel Indra Mardiatna mengatakan investor umumnya melihat sesuatu yang berkelanjutan.

“Mereka melihat pertumbuhan kategori investasi mereka. Intinya ini sudah berkelanjutan dari segi teknologi jaringan mulai dari 4G hingga 5G,” kata Indra dalam konferensi pers Selasa (26/10/2021) ini.

Mengenai 5G, ia juga mengungkapkan bahwa Telekom Group percaya bahwa teknologi jaringan generasi kelima ini dapat terus mendukung industri.

“Bukan berangkat mengikuti industri telekomunikasi, tapi dengan menjumlahkan industri yang menggunakan teknologi jaringan 5G di Indonesia,” kata Indra.

Menurutnya, hal itu juga memungkinkan investor untuk melihat kemajuan teknologi di Indonesia dari perspektif umum.

“Teknologi ini berkelanjutan ini dapat menarik investor untuk mengikuti teknologi receiverless ini,” kata Indra.

Sedangkan, pengurus binaan jaringan seluler Telkomsel mengembangkan ekosistem digital dengan menambahkan kesanggupan digital melalui implementasi 5G di Indonesia.

Dengan memperluas jaringan 5G, Anda dapat menjumlahkan seluruh pengalaman pengguna Internet, menyebabkan masalah industri, dan membuat sengsara menuju digitalisasi.

Lantas apa saja 5G yang saat ini sedang ramai diperbincangkan di dunia digital?

Jaringan 5G sendiri merupakan teknologi generasi kelima yang dimaksudkan untuk menyatukan pengaturan kelincahan jaringan seluler. Teknologi 5G plus dimaksudkan untuk memadatkan latensi dalam koneksi jaringan internet dan melebih-lebihkan fleksibilitas fasilitas seluler.

Menurut situs Cisco, teknologi 5G juga dapat memfasilitasi mobilitas pengguna internet dengan kemampuan open roaming tanpa batas untuk akses seluler dan WiFi.

Disebutkan pula bahwa cara kerja teknologi 5G dapat membawa manfaat bagi dunia industri, misalnya dalam industri otomotif, 5G dapat dipadukan dengan algoritma ML-driven dan memberikan informasi lalu lintas.

Oleh karena itu, 5G juga dapat membuat produk otomotif roda empat lebih canggih, karena saat ini banyak produsen mobil menggunakan Internet untuk fungsionalitas roda empat.

Selain itu, kemampuan internet 5G juga dikenal sebagai kecepatan yang 10 kali lebih cepat dari jaringan 4G dan mampu menghadirkan layanan streaming film dan video berkualitas tinggi, latensi cloud game tanpa lag. rendah, ketersediaan dan kapasitas data tinggi, video lebih halus, disebut kualitas dan kejelasan, terhubung ke berbagai perangkat IoT, virtual reality (VR) dan augmented reality (AR), serta kecepatan unduh yang cepat.

Tanpa mau berlama-lama, sejak diresmikannya Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada 27 Mei 2021, Telkomsel sebagai operator layanan jaringan 5G menambah cakupannya tidak hanya di Jakarta. Tapi di tiga kota lainnya.

Pada Kamis (6/3/2021), Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny Gerard Plate Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah (Jawa Tengah) meresmikan pembukaan fasilitas 5G secara serentak di tiga kota investor, Surakarta, Balikpapan, dan Medan.

Turut hadir Komisaris Utama Telkomsel Wishnutama Kusubandio dan Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mendampingi Menkominfo dalam peresmian layanan 5G tersebut.
Menurut Menkominfo, pemilihan lokasi untuk memotivasi pemasangan 5G di Kota Surakarta didasarkan pada dua faktor, yaitu faktor historis dan faktor personal advertising.

Secara historis, Surakarta, selain dikenal dengan nama Solo, telah lama dikenal sebagai kota traveller di bidang olahraga, jurnalistik, dan lain-lain. Namun, faktor pemberitahuan publik adalah karena perkembangan ekonomi kota Surakarta dan sekitarnya yang tidak terduga dalam beberapa tahun terakhir.

Ia juga menyatakan bahwa pemerintah mendukung operator lain dalam mengembangkan teknologi ini agar lebih mudah diakses dan efisien di masa mendatang, baik dari sisi infrastruktur maupun operasional. “Untuk itu, Pemda (Pemda) harus menarik langkah ini agar bisa dilakukan dengan cepat, seperti memasang infrastruktur repeater di puncak gedung bahkan lampu lalu lintas,” kata Menteri Johnny.

Salah satu situasi, lanjut Menkominfo mengingatkan, agar operator dapat menjalankan meringankan penggunaan 5G ini. Tujuannya agar tidak disalahgunakan oleh pihak-pihak yang mengusung paham radikalisme dan ideologi transnasional.

Dari sisi ekonomi, lanjutnya, layanan 5G harus mendukung sisi negatifnya dengan berkembangnya e-commerce untuk usaha mikro, kecil dan menengah (MPMI) lokal, serta layanan keuangan digital.

CEO Telkomsel Hendri Mulia Syam mengatakan jaringan 5G ini 2.030 kali lebih cepat dari jaringan 4G saat ini. Namun, keberadaan jaringan 5G tidak serta merta menghentikan jaringan 4G dan 3G. Jaringan tetap eksis sesuai kebutuhan penggunanya.

Di sisi lain, saat ini pemerintah juga sedang fokus untuk mengurangi perbedaan akses internet antar daerah. Fokus utamanya adalah meningkatkan laju koneksi internet dan mengurangi disparitas internet antar wilayah di seluruh wilayah tanah air melalui penggelaran 4G secara masif untuk masyarakat.

Semua handphone android pasti ada kelebihan dan kekurangannya, bijaklah dalam memilih ponsel yang diperlukan. Pastikan anda sangat memerlukannya dan sesuai dengan kebutuhan anda. Terima kasih telah meluangkan waktu di sebelah kanan entri artikel ini.

Menurut Hendri, beberapa negara menggunakan jaringan 5G untuk konektivitas industri guna meningkatkan efisiensi dan kinerjanya. “Kami membangun di berbagai tempat. Ini baru satu dari sembilan kota yang kami bangun”, tambahnya.

Setidaknya enam lokasi di Kota Solo sudah bisa merasakan jaringan 5G ini. Dua berada di dalam, yakni di grup Grapari Solo dan Balai Kota Solo. Lalu ada empat lokasi outdoor lainnya. Awalnya, layanan 5G hanya tersedia di dua lokasi indoor. Sekarang empat titik lokasi lagi akan datang.

Menurut Hendri, kemudahan 5G di Solo memiliki kecepatan upload dan download yang agak cepat. Ini cocok dengan 816 Mbit/dtk untuk unduhan dan 30 Mbit/dtk untuk mengunggah. Selain ketiga kota tersebut, Telkomsel juga menyiapkan layanan jaringan 5G di Batam, Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Kampus ITB Bandung dan Telkom University, Surabaya, Denpasar dan Makassar.

Beberapa warga Jakarta kini memiliki akses titik akses jaringan 5G seperti Alam Sutera, Banten, Bumi Serpong Damai, Banten, Kelapa Gading, DKI Jakarta, Pantai Indah Kapuk, DKI Jakarta, Pondok Indah, DKI Jakarta dan Widya Chandra, DKI Jakarta.

Pada kesempatan ini Telkomsel juga mempresentasikan demonstrasi penggunaan akses jaringan 5G untuk layanan digital pemerintah daerah, seperti teknologi pariwisata virtual yang didukung oleh teknologi virtual reality atau Virtual Reality (VR), immersive experience, konektivitas kantor kecepatan tinggi, didukung oleh layanan 5G FWA dari perangkat Telkomsel ORBIT 5G, layanan publik interaktif untuk menggunakan fungsi panggilan video di layanan kontrol kota Surakarta, didukung oleh video nGage, teknologi deteksi kesehatan dan keselamatan yang memanfaatkan fungsi video analytics.

Alat yang menyokong layanan Telkomsel 5G adalah perangkat dengan kecakapan teknologi 5G NSA clock pada 2.300 megahertz atau 2,3GHz, yaitu Oppo Reno5 5G, Huawei Mate40, VivoX60 dan VivoX60 Pro digunakan pada perangkat Apple dan Samsung.

Teknologi 5G harus mampu mempercepat perubahan sosial, ekonomi dan budaya secara digital. Salah satu keunggulan jaringan 5G adalah kesiapan transfer data yang tinggi dan latensi yang rendah.

Implementasi jaringan 5G dimaksudkan untuk mengelola pembayaran untuk pengalaman streaming dan pengunduhan video yang tiba-tiba, tenang, dan bahkan instan. Meski Indonesia masih berada di era 4G, namun permintaan video streaming dan download dari sisi konsumen meningkat drastis. Apalagi sejak pandemi Covid 19 melanda tahun lalu.

Situasi ini tercermin dari pandemi Covid19 tahun lalu, di mana penggunaan internet meningkat hingga 300 persen. Hasil Survei Indeks Web Global 2020 menyoroti permintaan konsumen untuk konsumsi konten video. Tak terbatas 51.ri Gen Z memilih konten video online untuk konsumsi media mereka, meskipun 31% memilih televisi online.

64% pelanggan sekarang lebih cenderung mendapatkan produk secara online setelah menonton video tentang produk tersebut. Inilah alasan utama mengapa raksasa e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, dan Lazada lebih memilih untuk mempromosikan produknya melalui pemasaran video online.

BACA JUGA

 

Rilis game pra-registrasi Rapid Fire

cara menukarkan kode kompensasi.ff.garena.com

Yang Baru Ponsel resmi Sony Xperia ProI, Sony

rajajadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top